The Genji Clan: The Introduction of Minamoto no Yoshitsune

Dahulu kala, pada abad ke-12, Jepang masih dikuasai oleh kelompok samurai kerajaan maupun para bangsawan Fujiwara, terdapat dua kekuatan besar yaitu klan Genji dan klan Heike. Salah satu tokoh yang sangat melegenda adalah Minamoto no Yoshitsune atau dikenal juga dengan nama kecilnya yaitu Ushiwakamaru. Yoshitsune merupakan jenderal perang bagi klan genji dan putra ke-9 dari Minamoto no Yoshitomo.

Patung Minamoto no Yoshitsune di Dannoura, Jepang (Source: wikipedia.org)

Peradaban Jepang di kala itu diselimuti oleh peperangan maupun perebutan wilayah, Ushiwakamaru tumbuh di keluarga samurai dibawah pengawasan Taira no Kiyomori, yang merupakan pimpinan dari klan Heike. Tumbuh dan berkembang di kalangan biksu, namun kemudian keluar biara dengan berbagai keahlian diantaranya berburu, berkuda, seni pedang, taktik perang dan lain-lain. Dengan menggunakan nama Yoshitsune, kemudian bergabung dengan tentara Genji bersama saudara-saudaranya untuk melawan tirani klan Heike.

Kemudian Yoshitsune memiliki salah satu pengikut yang cukup terkenal yakni Saito Musashibo Benkei, yang dikenal sebagai sosok yang tangguh dan setia pada Yoshitsune dan klan Genji. Keseluruhan kisah dari pertempuran dua klan ini diangkat dalam novel Eiji Yoshikawa (2010) maupun komik dengan judul Shanaou Yoshitsune, karya komikus Sawada Hirofumi (2003), namun ada sedikit perbedaan dengan kisah aslinya di dalam komik, Ushiwakamaru dan Yoshitsune (Hyota) dibedakan menjadi dua orang yang berbeda untuk keperluan cerita.

Referensi

Sawada, Hirofumi (2003). Shanaou Yoshitsune Vol. 1-22. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yoshikawa, Eiji (2010). The Heike Story: Kisah Epik Jepang Abad ke-12. Jakarta: Zahira Books.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: